Blogger Widgets

News Update :
Home » , , , , , , , , » 5 Cara Melewati Hari Pertama Bekerja

5 Cara Melewati Hari Pertama Bekerja

Penulis : Unknown on Senin, 06 Januari 2014 | 18.13

Selamat Bright Friends! Anda telah diterima sebagai karyawan baru di kantor impian! Perasaan senang dan tidak sabar untuk bekerja pasti sedang hinggap saat ini! Namun, jika perasaan bahagia tersebut dibarengi dengan perasaan gugup karena akan menginjakkan kaki di lingkungan pekerjaan, maka scroll mouse ke bawah untuk mendapatkan tips sukses di hari pertama bekerja!
1. Pelajari rute

Success depends upon previous preparation, and without such preparation there is sure to be failure.” ~Confucius
Tentu Anda tidak mau telat masuk di hari pertama bekerja bukan? Karena itu, mari pelajari rute terbaik dan tercepat untuk bisa sampai ke kantor.
Caranya sendiri tidak rumit kok. Selain bertanya kepada kerabat atau teman dekat, Anda bisa manfaatkan fitur Google Maps. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran rute perjalanan menuju ke kantor baru Anda. Dari situ Anda pun bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan.
Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, cari tahu juga angkutan mana saja yang bisa membawa Anda ke tempat tujuan, schedule keberangkatan, dan estimasi lama waktu perjalanan. Pilihlah angkutan yang tercepat dan efisien agar tidak repot bergonta-ganti kendaraan.
Jika ingin memiliki persiapan yang lebih matang, Anda bisa mencoba mempelajari rute dari rumah ke kantor baru beberapa hari sebelum hari H. Siapa tahu, dengan begitu Anda bisa mengetahui spot-spot macet sepanjang perjalanan menuju tempat kerja dan menemukan rute alternatif untuk mengatasinya.
2. Pakai baju terbaik Anda
You never get a second chance to make a good first impression” ~ Will Rogers
Untuk memberikan kesan pertama yang baik dengan teman-teman kantorbaru, tidak ada salahnya lho memakai baju terbaik Anda. Baju terbaik bukan berarti baju formal seperti ingin pergi ke pesta! Tapi baju yang menambah percaya diri dan tentunya sesuai dengan lingkungan bekerja Anda. Jika merasa belum ada baju terbaik di dalam lemari, maka tidak ada salahnya untuk pergi ke mall dan membeli pakaian baru, Bright Friends. Untuk referensi, ajak teman atau kerabat sehingga bisa memberi masukan apakah pakaian yang akan dibeli, sesuai atau tidak dengan kita.
Baju terbaik sudah siap? Jangan lupa untuk memberikan senyum terbaik Anda. Seperti kata Mother Teresa, “Everytime you smile at someone, it is an action of love, a gift to that person, a beautiful thing”. Senyum adalah bahasa universal yang berarti baik, jika Anda memberikan senyum terbaik kepada teman kantor baru Anda, dia pasti akan membalasnya juga. So, don’t forget to smile! J
3. Lihat, dengar, dan perhatikan
Listen to many, speak to a few” ~William Shakespeare
Di hari pertama nanti, pasti Anda akan diberitahu banyak hal oleh HRD, bos Anda hingga teman kerja baru Anda tentang cara kerja dan lainnya. Agar tidak terlewatsatu pun, catatlah informasi-informasi tersebut dalam buku catatan Anda. Jika masih ada hal-hal yang Anda kurang pahami, jangan malu untuk bertanya. Bertanya itu tidak ada salahnya mengingat Anda adalah orang baru di kantor tersebut. Ingat kata Steve Jobs, “Stay hungry, Stay Foolish!” Namun ingat! Bertanyalah sewajarnya!
Selain mendapatkan informasi-informasi baru, ada baiknya perhatikan lingkungan kantor sekitar. Jangan lupa untuk tahu letak ruang meeting, mesin fotokopi hingga pantry.
4. Be humble
A man wrapped up in himself makes a very small bundle.” ~Benjamin Franklin
Anda termasuk seseorang dengan sense of humor yang tinggi? Jika iya, kendalikan terlebih dahulu sense of humor tersebut. Jangan dulu mengeluarkan karakter asli Anda di hari pertama kerja. Tidak mau kan sudah dicap SKSD (sok kenal sok dekat) di hari pertama Anda? Biarlah karakter Anda keluar dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.
Perbanyaklah senyum dan jangan terlalu banyak bicara di hari pertama. Fokus saja pada job desk yang bos Anda arahkan. Beradaptasi saja dulu dengan lingkungan dan tata cara bekerja di kantor tersebut.
5. Bring your own lunch
Most people treat the office manual the way they treat a software manual. They never look at it.” ~ James Levine
Karena Anda belum tahu habit makan siang para pegawai di kantor, membawa bekal makan siang sendiri bisa jadi salah satu solusi untuk menyiasati makan siang di hari pertama bekerja. Apalagi Anda juga belum kenal dengan pegawai kantor yang lain, jadi lupakan dulu untuk langsung bersosialiasi di hari pertama.
Biarkan waktu makan siang Anda di hari pertama untuk mengenal tempat kerja terutama wilayah kubikel Anda. Sambil memakan bekal, Anda bisa sambil mengecek e-mail baru dan juga mengenali job desk. Hal ini sangat berguna, agar di hari-hari awal bekerja Anda sudah tahu betul job desk, flow kerja, dan hal lainnya.

Share this article :

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, budayakan berkomentar pada artikel yang telah anda baca, karena komentar anda sangat membantu guna perkembangan Blog saya ini :D

Sign

Afris

 
Design Template by panjz-online | Edited by Cupris | Powered by Blogger