“Success
depends upon previous preparation, and without such preparation there is sure
to be failure.” ~Confucius
Tentu Anda tidak mau telat masuk di
hari pertama bekerja bukan? Karena itu, mari pelajari rute terbaik dan tercepat
untuk bisa sampai ke kantor.
Caranya sendiri tidak rumit kok.
Selain bertanya kepada kerabat atau teman dekat, Anda bisa manfaatkan fitur
Google Maps. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran rute perjalanan
menuju ke kantor baru Anda. Dari situ Anda pun bisa memperkirakan berapa lama
waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan.
Bagi Anda yang menggunakan kendaraan
umum, cari tahu juga angkutan mana saja yang bisa membawa Anda ke tempat
tujuan, schedule keberangkatan, dan estimasi lama waktu perjalanan.
Pilihlah angkutan yang tercepat dan efisien agar tidak repot bergonta-ganti
kendaraan.
Jika ingin memiliki persiapan yang
lebih matang, Anda bisa mencoba mempelajari rute dari rumah ke kantor baru
beberapa hari sebelum hari H. Siapa tahu, dengan begitu Anda bisa mengetahui spot-spot
macet sepanjang perjalanan menuju tempat kerja dan menemukan rute alternatif
untuk mengatasinya.
2. Pakai baju terbaik Anda
“You
never get a second chance to make a good first impression” ~ Will Rogers
Untuk memberikan kesan pertama yang
baik dengan teman-teman kantorbaru, tidak ada salahnya lho memakai baju terbaik
Anda. Baju terbaik bukan berarti baju formal seperti ingin pergi ke pesta! Tapi
baju yang menambah percaya diri dan tentunya sesuai dengan lingkungan bekerja
Anda. Jika merasa belum ada baju terbaik di dalam lemari, maka tidak ada
salahnya untuk pergi ke mall dan membeli pakaian baru, Bright Friends.
Untuk referensi, ajak teman atau kerabat sehingga bisa memberi masukan apakah
pakaian yang akan dibeli, sesuai atau tidak dengan kita.
Baju terbaik sudah siap? Jangan lupa
untuk memberikan senyum terbaik Anda. Seperti kata Mother Teresa, “Everytime
you smile at someone, it is an action of love, a gift to that person, a
beautiful thing”. Senyum adalah bahasa universal yang berarti baik, jika
Anda memberikan senyum terbaik kepada teman kantor baru Anda, dia pasti akan
membalasnya juga. So, don’t forget to smile! J
3. Lihat, dengar, dan perhatikan
“Listen
to many, speak to a few” ~William Shakespeare
Di hari pertama nanti, pasti Anda
akan diberitahu banyak hal oleh HRD, bos Anda hingga teman kerja baru Anda
tentang cara kerja dan lainnya. Agar tidak terlewatsatu pun, catatlah
informasi-informasi tersebut dalam buku catatan Anda. Jika masih ada hal-hal
yang Anda kurang pahami, jangan malu untuk bertanya. Bertanya itu tidak ada
salahnya mengingat Anda adalah orang baru di kantor tersebut. Ingat kata Steve
Jobs, “Stay hungry, Stay Foolish!” Namun ingat! Bertanyalah sewajarnya!
Selain mendapatkan
informasi-informasi baru, ada baiknya perhatikan lingkungan kantor sekitar.
Jangan lupa untuk tahu letak ruang meeting, mesin fotokopi hingga pantry.
4. Be humble
“A
man wrapped up in himself makes a very small bundle.” ~Benjamin Franklin
Anda termasuk seseorang dengan sense
of humor yang tinggi? Jika iya, kendalikan terlebih dahulu sense of
humor tersebut. Jangan dulu mengeluarkan karakter asli Anda di hari pertama
kerja. Tidak mau kan sudah dicap SKSD (sok kenal sok dekat) di hari pertama
Anda? Biarlah karakter Anda keluar dengan sendirinya seiring dengan berjalannya
waktu.
Perbanyaklah senyum dan jangan
terlalu banyak bicara di hari pertama. Fokus saja pada job desk yang bos
Anda arahkan. Beradaptasi saja dulu dengan lingkungan dan tata cara bekerja di
kantor tersebut.
5. Bring your own lunch
“Most
people treat the office manual the way they treat a software manual. They never
look at it.” ~ James Levine
Karena Anda belum tahu habit
makan siang para pegawai di kantor, membawa bekal makan siang sendiri bisa jadi
salah satu solusi untuk menyiasati makan siang di hari pertama bekerja. Apalagi
Anda juga belum kenal dengan pegawai kantor yang lain, jadi lupakan dulu untuk
langsung bersosialiasi di hari pertama.
Biarkan waktu makan siang Anda di hari
pertama untuk mengenal tempat kerja terutama wilayah kubikel Anda. Sambil
memakan bekal, Anda bisa sambil mengecek e-mail baru dan juga mengenali job
desk. Hal ini sangat berguna, agar di hari-hari
awal bekerja Anda sudah tahu betul job desk, flow kerja, dan
hal lainnya.
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung di blog saya, budayakan berkomentar pada artikel yang telah anda baca, karena komentar anda sangat membantu guna perkembangan Blog saya ini :D
Sign
Afris